Prosumut

Evaluasi Pencegahan Stunting, Tim Monev On Site Ke Langkat

Rilis & Seremoni

PROSUMUT – Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui Sekdakab Langkat Indra Salahudin menyambut kunjungan tim Monev On Site Tahun Anggaran 2019 Evaluasi atas intervensi pencegahan stunting di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Stabat, Rabu 11 September 2019.

Kunjungan tersebut dipimpin oleh Azat Sudrajat dari Dirjen Anggaran Kemenkeu RI didampingi Adil dari Kemenkes RI, Kristin dari Kemendikbud RI dan Jumhadi dari Kementerian Desa RI.

Sekda, pada sambutannya, mengucapkan selamat datang kepada rombongan tim Monev On Site, serta menyampaikan paparan Expose tentang pencegahan angka Stunting yang ada di Kabupaten Langkat.

Bahwa sebelumnya, terang Sekda, Jumlah anak yang mengalami stunting dikabupaten Langkat memang mencapai 55,48%, pada 2013 menurut data Riskesdas 2013.

Namun pada tahun selanjutnya, Pemerintah Kabupaten Langkat, terus melakukan berbagi upaya penanganan pencegahan Stunting tersebut, dengan melibatkan berbagi intansi terkait.

Hasilnya, stunting menurun hingga 23,3% pada 2018, diketahui dari pendataan ulang diwilayah 10 lokus stunting pada Januari 2018.

“Kini angka tersebut terus menurun, dan ke depan akan terus dilakukan pencegahan stunting di seluruh wilayah kecamatan yang ada di Langkat, ” pungkasnya.

Hal ini dilakukan, kata Sekda, karena mengingat anak -anak sekarang ini, adalah generasi yang akan datang, sebagai Istapet kepemimpinan bangsa, untuk itu harus diselamatkan dari ancaman stunting.

“Maka penanganan stunting harus terus difokuskan di wilayah Langkat ini, dengan menambah anggara dari pusat maupun daerah, untuk memfasilitasi tim pencegahan stunting yang berada desa-desa,” harapnya.

Azat Sudrajat di kesempatan sama, menerangkan bahwa maksud dan tujuan kunjungannya, untuk melakukan monitoring dan mengevaluasi hasil dari upaya pencegahan stunting yang dilakukan Pemkab Langkat selama ini.

Hasilnya, sebut Azat, pihaknya merasa puas dan memberikan apresiasi, sebab Pemkab Langkat telah melakukan pencegahan stunting dengan baik dan serius.

Buktinya, kata Azat, terlihat dari angka stunting yang ada di Langkat, terus mengalami penurunan.

“Kami berharap, hal ini dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan, ” ujarnya.

Sampai, sambung Azat, seluruh balita ada yang ada di Langkat tidak ada yang mengalami stunting lagi.

Selanjutnya, masing-masing dari tim Monev On Site, memberikan arahan dan masukan sebagai nara sumber, agar upaya pencegahan stunting di Langkat semakin baik dan meningkat.

Kesempatan tersebut, Sekda memberikan cinderamata kepada masing-masing tim Monev On Site, yaitu kepada Azat Sudarjat dari Dirjen Anggaran Kemenkeu RI, Adil dari Kemenkes RI, Kristin dari Kemendikbud RI dan Jumhadi dari Kementerian Desa RI. (*)

Reporter: Muhammad Akbar
Editor: Iqbal Hrp

Konten Terkait

Pemprov Yakinkan Pedemo Soal Wisata Halal Danau Toba

[email protected]

Harganas XXVI Sumut, Edy Bicara Pentingnya Bina Keluarga

[email protected]

Pemkab Sergai Gelar Rapat Forkopimda, Bahas Multi Sektor

[email protected]