Prosumut

Ini Triknya Agar Kerja Tak Terganggu Smartphone

Tekno

PROSUMUT – Kurang lebih sekitar satu dekade, smartphone telah menembus semua bidang dalam kehidupan manusia, termasuk di tempat kerja.

Batas antara waktu kerja dan waktu pribadi kini telah kabur. Lantas, bagaimana caranya agar bisa kerja tanpa terganggu smartphone?

Gangguan bukan hanya karena bos sering mengirim email atau pesan setelah hari kerja berakhir, namun juga karena karyawan menghabiskan begitu banyak waktu di smartphone mereka saat bekerja, baik untuk chatting, buka media sosial, atau bahkan banyak yang bermain game online.

“Fragmentasi kehidupan sehari-hari ini menyebabkan produktivitas berkurang, akibat gangguan permanen,” kata profesor psikologi Christian Montag, yang meneliti masalah ini di University of Ulm di Jerman.

Rata-rata, orang menghabiskan sekitar dua setengah jam sehari untuk membuka smartphone mereka, tentu saja ini tidak terjadi selama jam kerja.

“Sebagian besar waktu mereka ada di Facebook, Instagram dan media sosial lainnya,” kata Montag.

Mereka dipicu untuk melakukannya karena takut ketinggalan atau disebut dengan istilah FOMO.

Untuk mencegah ketakutan ini muncul, masuk akal untuk menetapkan batas waktu penggunaan ponsel cerdas di kantor.

Untuk mengatasi masalah ini, konsultan organisasi Gabriele Thies menyarankan agar sebaiknya anda memeriksa email dan pesan pribadi pada waktu-waktu tertentu, misalnya di pagi dan sore hari.

Selain itu, sebaiknya anda menjawab pesan dengan segera jika benar-benar diperlukan. Jika pesan tersebut tidak begitu penting, biarkan sampai nanti.

Anda juga disarankan untuk mematikan semua pemberitahuan ponsel ketika sedang bekerja, baik nada dering serta pesan masuk.

Sebaiknya, letakan ponsel di meja dengan posisi menghadap ke bawah atau di saku, bahkan jika memungkinkan, harus dimatikan.

“Orang yang berkomunikasi dengan Anda di lingkungan kerja dapat diminta untuk berkomunikasi terutama melalui nomor telepon kantor atau email,” kata Thies.

Keluarga dan teman-teman kita bahkan juga dilarang menghubungi selama jam kerja kecuali dalam keadaan darurat.

“Karyawan tidak boleh mengirim pesan sendiri, sebab akan ada lebih sedikit respons selama jam kerja,” kata Thies.

Tapi di zaman sekarang, pertanyaan yang muncul adalah, apakah Anda bisa melakukannya? (*)

Source: The Star, Telset.id / Foto : danzierg.com
Editor: Val Vasco Venedict

Konten Terkait

Nanti Malam Kota Medan Alami Malam Terpanjang

[email protected]

Buzzer, Hoax, Hate Speech; Bagaimana Mereka “Meracuni” Kita via Medsos?

Val Vasco Venedict

Jet Commerce Ekspansi ke Thailand & Vietnam

Val Vasco Venedict