Prosumut

Resmikan 3 Inovasi Terbaru, Soekirman Apresiasi ASN Peserta PIM III

Rilis & Seremoni

PROSUMUT – Bupati Serdang Badagai (Sergai), Soekirman meresmikan 3 inovasi dari proyek perubahan Aparatur Sipil Negara (ASN) dikantor Camat Pantai Cermin. Peresmian itu ditandai pemotongan pita.

Selain itu, kegiatan juga dirangkaikan dengan acara tepung tawar kepada Bupati Ir H Soekirman bersama jemaah haji asal Kecamatan Pantai Cermin, yang baru pulang kembali dari tanah suci Mekkah, Selasa 3 September 2019.

Kesempatan itu Bupati Ir H Soekirman mengatakan, ke 3 inovasi itu adalah Klinik Bina Desa Terpadu (NINA SAPA), Optimalisasi Pemberdayaan Lembaga Usaha Ekonomi Desa Melalui Ruang Belajar Masyarakat Inovatif (OPLED RAMAI) dan Forum Penanganan Kekerasan Anak (FPKA).

Dikatakan Soekirman, inovasi pertama NINA SAPA merupakan layanan konsultasi pengelolaan desa secara menyeluruh terkait administrasi keuangan, kelembagaan, partisipasi masyarakat, lembaga usaha ekonomi dan pembinaan kehidupan masyarakat desa.

Tujuannya untuk memberi solusi dan pemahaman menyeluruh bagi masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan melalui pemanfaatan potensi desa, katanya.

Kemudian, lanjut Soekirman OPLED RAMAI, secara garis besar dapat diterjemahkan sebagai lembaga yang memberikan jasa pelayanan dan fasilitas tentang akuntansi, pemasaran, manajemen, permodalan dan hukum bagi lembaga usaha ekonomi yang ada di desa dalam upaya meningkatkan daya saing lembaga usaha ekonomi desa.

Sedangkan yang terakhir, FPKA merupakan suatu forum yang dapat menyelenggarakan komunikasi, informasi dan edukasi kepada masyarakat serta memberikan saran kepada pemerintah daerah dalam hal menyusun arah, prioritas serta kerangka kebijakan terkait perlindungan dan penanganan kekerasan terhadap anak.

“Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya untuk inovasi yang telah dibuat sehingga mampu dirasakan langsung manfaatnya bagi masyarakat. Apresiasi juga diberikan kepada seluruh pihak yang ikut mengambil peran aktif dan mendukung proses mewujudkan inovasi ini,” tutur Soekirman.

Selain itu, Pemkab Sergai juga terpilih sebagai utusan untuk menempuh pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat III di Banda Aceh.

Turut hadir dalam acara tersebut, ketua TP PKK Sergai Ny Marliah Soekirman, para Kepala OPD, Camat Pantai Cermin Erfin Fachrurrazi, Ketua MUI Kecamatan Pantai Cermin H. Muhammad Syarif Santoso, Forum Organisasi Masyarakat Sipil Indonesia (Formasi) dan para Kepala Desa se-Kecamatan Pantai Cermin. (*)

Reporter: Bhatara Hsb
Editor: Iqbal Hrp

Konten Terkait

Edy Sebut Pentingnya Rencana Induk Pembangunan Sumut

[email protected]

Akbid Langkat Wisuda 25 Bidan, Bupati Minta Berikan Warna Positif

[email protected]

2.000 Lebih Warga Medan Menari Ahoii di Lapangan Merdeka

[email protected]