Prosumut

Seru, Mandi dan Arung Jeram di Namu Sira-Sira Sei Bingai

Traveling

PROSUMUT – Mengisi hari libur ke luar kota memang seru. Tetapi jika bosan dengan yang biasa, Pemandian Alam Bendungan Namu Sira-sira di Desa Durian Lingga Kecamatan Sei Bingai Kabupaten Langkat Sumatera Utara, cocok jadi pilihan.

Dari sini, pengunjung dapat menikmati sejuknya air sungai di lokasi tempat pemandian. Di tempat lainnya, alur Sungai Bingai ini juga memberikan kesan menantang dan seru untuk penikmat arung jeram pemula.

Pengeluaran yang dirogoh juga tak besar. Untuk biaya retribusi diakumulasi dengan keamanan, kebersihan dan parkir dikenakan Rp50 ribu per mobil pada akhir pekan, Minggu 25 Agustus 2019. Sementara untuk sepeda motor Rp15 ribu.

“Sewa tikar Rp50 ribu. Kalau sewa banyak, boleh tawar, bisa kurang,” ujar Pedagang Setempat, Selamat (56).

Sejumlah fasilitas juga disediakan. Seperti toilet umum, musala, sewa ban, dan kedai jual makan serta minum.

Di sekitar lokasi juga terdapat bendungan irigasi yang diresmikan Presiden Soeharto pada tahun 1992.

Pemandangan dari atas bendungan juga cukup menarik untuk lokasi berfoto. Tak hanya itu, di aliran Sungai Bingai pun bisa menjajal arung jeram dengan arus dan sungai berbatuan yang menantang.

Jarak tempuh ke tempat wisata itu sekitar 18 km dari Kota Binjai. Dari Medan, waktu tempuhnya berkisar 90 menit perjalanan darat menggunakan kendaraan pribadi.

Warga Kota Binjai, Ismail menambahkan, pemandian alam Namu Sira-Sira dikenal dengan nama Pantai Pangkal. Hal tersebut karena tepi sungainya yang berpasir layaknya di tepi laut. Sungainya memiliki air yang jernih, sejuk dan berwarna hijau toska.

“Di sini cocok bawa keluarga berakhir pekan dengan harga murah. Sungainya airnya sejuk, segar dengan arus sedang. Anak-anak juga bisa mandi di lokasi yang dangkal atau alat bantu ban. Yang mau istirahat juga ada pondok-pondok yang disewakan oleh warga setempat,” katanya.

Di lokasi, warga yang mengelola pondok-pondok rekreasi dan berdagang yang menjaga keasrian dan kebersihan lingkungan. Bagi yang suka berburu buah-buah segar khas hutan tropis, dapat dengan mudah membelinya karena dijajakan.

Mulai dari buah rambutan yang lekang, sawo, durian, kelapa, cempedak, jagung rebus, pisang rebus, manggis, pepaya hingga petai dengan harga terjangkau. (*)

Reporter: Muhammad Akbar
Editor: Iqbal Hrp

Konten Terkait

Kerusakan Teknis, Malaysia Airlines Mendarat Darurat di Jambi

Val Vasco Venedict

Mencekam! Situasi di Kokpit Jelang Lion JT 610 Jatuh, Ini Rekamannya

Val Vasco Venedict

Tiketnya Kerap Hilang Misterius, Air Asia Boikot Traveloka

Val Vasco Venedict