Prosumut

Resmikan Kantor Baru, Apindo Medan Bidik UKM

Umum

PROSUMUT – Dewan Pengurus Kota Asosiasi Pengusaha Indonesia (DPK Apindo) Medan meresmikan kantor barunya yang berada di Jalan Rotan, Kecamatan Medan Petisah, Minggu 25 Agustus 2019. Peresmian oleh Wali Kota Medan Dzulmi Eldin yang ditandai penandatanganan prasasti.

Ketua DPK Apindo Medan, Anton William Chandra menuturkan, kehadiran kantor baru ini diharapkannya dapat menjadi rumah yang teduh untuk menyatukan ide, sehingga dapat mempersatukan semua unsur, baik pemerintah, pengusaha maupun pekerja.

“Selain itu, kita juga berharap di kantor yang baru ini mampu melahirkan ide yang cemerlang sehingga dapat mewujudkan apa yang dicita-citakan selama ini,” ujar Anton.

Kata Anton, pihaknya saat ini sedang membidik dan fokus untuk merangkul pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Kota Medan. Tujuannya, agar bersama-sama memajukan iklim usaha.

“Saya mengajak kepada seluruh pelaku UKM di Medan dapat bergabung dengan Apindo dan bersama-sama memajukan perekonomian di Medan. Kita ingin bagaimana menambah peluang-peluang dunia usaha lagi,” tuturnya.

Menurut Anton, dengan bergabungnya UKM di Apindo maka akan difasilitasi dalam mengurus perizinan usaha mereka. Sebab, dari informasi yang didapat banyak dari mereka yang mengeluhkan soal perizinan.

“Izin usaha ini sangat penting untuk dimiliki para pelaku UKM. Dengan adanya izin, maka mereka bisa melakukan pinjaman ke bank sehingga menambah modal usahanya,” tandasnya.

Wakil Ketua DPK Apindo Medan, Bahari menuturkan, pihaknya tengah bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk bisa melaksanakan One Self Submission (OSS) atau perizinan terpadu.

Artinya, dengan sistem tersebut maka nanti UKM bisa dibantu mengenai izin usaha mereka.

“Kita ingin semua pelaku UKM yang ada di Medan bisa bergabung dengan Apindo. Karena, dari sisi jumlah mereka cukup banyak namun masih banyak yang belum memiliki izin usaha. Padahal, izin usaha ini sangat penting dimiliki. Oleh karena itu, kita fokus merangkul UKM dengan tujuan memajukan iklim usaha atau perekonomian,” ungkap Bahari.

Diutarakan Bahari, melalui sistem OSS tersebut pemerintah pusat mendorong semua industri maupun dunia usaha memiliki izin yaitu Nomor Induk Berusaha (NIB). Dengan memiliki izin, maka memudahkan UKM untuk mendapatkan bantuan modal usaha mereka.

“Apindo membuka pintu kepada pelaku UKM di Medan untuk bergabung menjadi anggota, dan kita akan bantu mengenai izin usaha mereka. Selain itu, nantinya bagi UKM yang sudah tergabung kita salurkan dalam beberapa kegiatan atau event seperti pameran,” ujarnya.

Tak hanya di dalam negeri, sambung Bahari, event juga diadakan di luar negeri. Hal ini dalam upaya mendorong agar produk UKM Medan bisa dikenal di mancanegara.

“Untuk bergabung dengan Apindo cukup mudah, dengan mengisi formulir dan sejumlah persyaratan di kantor. Selain itu, informasi lebih lanjut dapat dilihat dan diakses dari website Apindo,” tandasnya. (*)

Reporter: Rayyan Tarigan
Editor: Iqbal Hrp

Konten Terkait

Jokowi-Ma’ruf Unggul Telak, Selisih Elektabilitas 20,1 %

Val Vasco Venedict

Anggota DPR Lolos dari Kecelakaan Helikopter

Val Vasco Venedict

Wali Kota Minta Paviliun Pemko Medan di PRSU 2019 Harus Lebih Menarik dan Inovatif

[email protected]