Prosumut

Satlinmas Medan Diminta Jadi ‘Mata dan Telinga’ Pemerintah

Pemerintahan

PROSUMUT – Setiap anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas)  diharapkan dapat menjadi mata dan telinganya pemerintah. Kemudian dapat menumbuhkembangkan sistem keamanan lingkungan di wilayah kerja masing-masing.

Termasuk punya kemampuan melakukan deteksi dini dan pengamanan wilayah. Sebagaimana disampaikan Sekretaris Satpol PP Kota Medan Rakhmat Adi Syahputra Harahap ketika Melantik dan Mengambil Sumpah/Janji Anggota Satlinmas 21 Kelurahan se-Kota Medan di Hotel Grand Inna Dharma Deli Medan, Selasa 13 Agustus 2019.

Sebanyak 147 orang petugas Satlimas yang dilantik dan akan ditempatkan di 21 kelurahan. Ini kali kedua dilakukan setelah tahun lalu dengan target mencakup seluruhnya.

Dalam pelantikan ini juga, ada pertambahan untuk anggota Satlinmas perempuan sebanyak 7 orang.

Dikatakan Rakhmat, pembetukan petugas Satlinmas sesuai dengan Permendagri No.84/2014 junto Peraturan Wali Kota Medan No.93/2017 tentang penyelenggaraan perlindungan masyarakat yang mengamanatkan di wilayah kelurahan dibentuk Satlinmas.

Anggota Satlinmas akan dibekali dengan pengetahuan serta ketrampilan untuk membantu melaksanakan kegiatan penanganan bemcana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana.

Di samping itu juga mereka ikut memelihara keamanan, ketertiban dan kegiatan sosial kemasyarakatan.

“Dengan terbentuknya Satlimas ini, maka setiap anggota Satlinmas sudah menjadi bagian dari keluarga Pemko Medan, saling bahu membahu, demi mewujudkan keamanan dan kenyamanan Kota Medan Rumah Kita tercinta,” kata Rakhmat.

Ditambahkannya, anggota Satlinmas dapat berperan aktif membantu pengamanan kegiatan sosial kemasyarakatan. Juga memberikan pertolongan, penyelamatan dan evakuasi terhadap korban apabila terjadi suatu peristiwa seperti kebakaran maupun kejadian alam.

“Di samping itu yang tidak kalah pentingnya, mari kita saling mendukung untuk membantu penanganan keaman, ketentraman dan ketertiban dalam penyelenggaraan pemilihan Wali Kota Medan yang akan berlangsung tahun depan,” ungkapnya mengingatkan.

Adapun Satlinmas yang dilantik yakni Kelurahan Belawan II (Kecamatan Medan Belawan), Tanah Enam Ratus (Medan Marelan), Pekan Labuhan (Medan Labuhan),  Tanjung Mulia (Medan Deli), Pulo Brayan Darat II (Medan Timur), Sidorejo (Medan Tembung) serta  Sei Kera Hulu (Medan Perjuangan.

Kemudian Kelurahan Sei Agul (Medan Barat),  Helvetia Tengah (Medan Helvetia), Sekip (Medan Petisah), Tanjung Rejo (Medan Sunggal), Padang Bulan (Medan Baru), Kampung Baru (Medan Maimun), Kota Matsum IV ( Medan Area), Menteng (Medan Denai), Teladan Timur (Medan Kota), Anggrung (Medan Polonia), Padang Bulan Selayang ii (Medan Selayang), Mangga (Medan Tuntungan), Gedung Johor (Medan Johor) dan Harjo Sari II (Medan Amplas). (*)

Reporter: Rayyan Tarigan
Editor: Iqbal Hrp

Konten Terkait

Akibat Dianiaya Terdakwa, Ustazd Nursarianto Tak Bisa Berdakwah

Ridwan Syamsuri

Ekonom Unpab: Defisit Neraca Perdagangan Melebar, Pemerintah Diminta Hati-Hati

Ridwan Syamsuri

Tiga Bulan Nginap di BPN Medan, Warga Sari Rejo Akhirnya Tarik Diri

Ridwan Syamsuri