Prosumut

Persiapan HUT RI, Akhyar Temukan Masalah di Lapangan Merdeka Medan

Pemerintahan

PROSUMUT – Menyambut HUT Ke-47 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2019 mendatang, Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution memeriksa kondisi Lapangan Merdeka Medan, Senin 12 Agustus 2019. Lokasi ini akan menjadi tempat upacara bendera nantinya.

Dari pemeriksaan itu, Akhyar mendapati masalah terkait keindahan, kebersihan dan kenyamanan. Seperti halnya ada beberapa tanaman kering, dirinya langsung komentar.

“Jangan biarkan tanaman yang sudah mati disitu, sebab mengurangi nuansa hijau dan asri Lapangan Merdeka. Secepatnya diganti dengan tanaman baru, ingatkan kepada petugas agar rutin melakukan penyiraman sehingga seluruh tanaman yang ada di Lapangan Merdeka tumbuh dengan baik,” katanya.

Meskipun tidak menyebutkan tegas, namun Akhyar menyinggung soal sarana dan prasarana lain di tempat itu. Seperti peralatan olah raga yang sebagian mengalami kerusakan.

Kemudian dia menyinggung soal kamar mandi yang harus dijaga kebersihannya. Hal ini agar pengunjung bisa nyaman menggunakan faslitas umum itu. Apalagi aroma tidak sedap sering muncul dari bawah alun-alun tersebut.

“Selain menyediakan sejumlah tempat sampah, petugas yang ditugasi untuk menjaga kebersihan agar mobile (bergerak) untuk memungut sampah sehingga kondisi Lapangan Merdeka senantiasa bersih,” katanya yang juga berpesan agar kawasan itu dipasangi umbul-umbul.

Namun Akhyar tidak menyinggung soal kondisi tempat pedagang buku di tepi Lapangan Merdeka yang terlihat kumuh dari dalam. Sebab selain bangunan yang di sediakan, juga ada lapak liar yang dibangun dari kayu dan terpal, dengan posisi membelakangi lapangan.

Usai peninjauan, Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan M Husni menginstruksikan jajarannya untuk menata dan membersihkan Lapangan Merdeka. Dipastikannya, jelang upacara bendera memperingatiu Hari Kemrdekaan, kondisi Lapangan Merdeka bersih dan tertata.

“Dalam 4 hari ini, insya Allah, penataan sekaligus pengindahan Lapangan Merdeka selesai dilakukan,” katanya. (*)

Reporter: Rayyan Tarigan
Editor: Iqbal Hrp

Konten Terkait

Perda RTRW Kota Medan Perlu Direvisi, Sasar Bagian Utara

[email protected]

Wali Kota Medan Terkejut Warganya Diduga Terserang Flu Singapura, Sebut Belum Terima Laporan

Ridwan Syamsuri

Hasil Lelang Jabatan 3 Kadis, Pemko Medan Tunggu Kadispora dan Kadis Perpustakaan Pensiun

Ridwan Syamsuri