Prosumut

Brandan Bumi Hangus, Bukti Langkat Turut Berjuang

Sosial Budaya

PROSUMUT – Bupati Langkat Terbit Rencana PA didampingi Wakil Bupati Langkat H Syah Afandin, menghadiri peringatan Brandan Bumi Hangus (BBH) ke-72 tahun 2019, di Lapangan Bola Kaki Petrolia Pertamina Pangkalan Brandan, Kecamatan Sei Lepan, Selasa 13 Agustus 2019.

Dalam sambutannya Terbit menjelaskan, peristiwa BBH ini kebanggaan bagi masyarakat Langkat. Sebab membuktikan daerah ini pernah mencatatkan diri dalam tinta emas lembaran sejarah perjuangan bangsa, dengan turut andil bagi tegaknya semangat mempertahankan kemerdekaan.

“Sesuai dengan tema yang dipilih tahun ini, Brandan Bumi Hangus kesetiaan kepada bangsa,” tukasnya.

Peristiwa perjuangan itu kata Bupati, terjadi pada 13 agustus 1947, menelan banyak korban nyawa maupun harta benda demi mewujudkan satu tekad yaitu merdeka atau dijajah.

Semangat pantang menyerah tersebut katanya, bukti kegigihan para pejuang, demi mempertahankan harga diri bangsa serta kerelaan sikap berkorban. Hal ini merupakan cerminan yang harus terus digelorakan dari waktu ke waktu.

“Untuk itu, mari kita bersama melanjutkan cita-cita perjuangan para pendahulu kita, dengan mengisi keseharian aktivitas, tugas dan tanggung jawab kita, sesuai peran dan fungsi masing masing, dengan  kesungguhan dan kejujuran serta rasa tanggungjawab,” katanya.

Bupati pun berterimakasih kepada masyarakat khususnya generasi muda yang telah menyemarakkan rangkaian kegiatan ini.

Kemudian, kepada tokoh masyarakat Brandan yang mempelopori lahirnya Perda No 8 tahun 1995 tentang Brandan Bumi Hangus.

Di antaranya, Almarhum H. Hasan Perak, H. Syamsul Arifin, H. Syarifuddin Basyir,  Almarhum H. Ishak Tumengkol, H. Yan Syahrin, H. Zainal Aka serta lainnya.

“Saya ucapkan terimkasih juga kepada Menejer Pertamina R.U II Dumai Pangkalan Brandan yang telah mempersiapkan lokasi dan sarana prasarananya bagi suksesnya acara ini,” tuturnya.

Sementara, Gubernur H Edy Rahmayadi melalui Staf Ahli Gubsu Bid Ekonomi , Keuangan Aset dan  SDM, H Agus Tripryono, mengatakan bahwa sebagai generasi penerus perjuangan dan pembangunan bangsa, harus memiliki jiwa dan semangat patriotik dengan penuh pengorbanan seperti para pendahulu.

Ketua DPRD Langkat, Surialam, berharap peringatan ini semakin menambah nilai  untuk menghargai jasa para pahlwan yang telah berkorban, untuk bangsa dan negara  guna meraih kemerdekaaan. Dengan begitu semangat Nasionalisme sebagai penerus bangsa senantiasa terpelihara.

Peringatan BBH tersebut, juga disemarakan dengan penampilan karnaval oleh pelajar tingkat SD, SLTP dan SLTA. Diikiti oleh 528 kelompok dengan jumlah peserta ribuan orang.

Serta ditandai penyerahanan cendramata kepada tokoh dan keluarga yang memprakasai terwujudnya Perda peringatan BBH ini.(*)

Reporter: Muhammad Akbar
Editor: Iqbal Hrp

Konten Terkait

Guru Patimpus Sembiring Pelawi Cikal Bakal Kota Medan

Ridwan Syamsuri

Biadab! Sekte di India Ini Minta Izin Tumbalkan Manusia

Val Vasco Venedict

Berbuka Puasa Bersama Anak Yatim, Bupati Sergai Ajak Masyarakat Bersatu

Ridwan Syamsuri