Prosumut
Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah

Ilham Ritonga dan Keluarga Sembelih Hewan Kurban

Umum

PROSUMUT – Anggota DPRD Sergai terpilih dari Partai Gerindra Dapil 1, Ilham Ritonga SE bersama keluarga menyembelih hewan kurban pada peringatan Hari Raya Idul Adha 1440 H tahun 2019. Satu ekor lembu dan satu ekor kambing dipilih untuk persembahan.

Penyembelihan dipimpin langsung oleh Ustad Mawardi dan disaksikan oleh seluruh keluarga di kediamannya, Jalan HT Rizal Nurdin Kelurahan Batang Terap Kecamatan Perbaungan, Minggu (11/8).

Sebelumnya, Ilham Ritonga melaksanakan sholat berjama’ah Idul Adha bersama keluarga di Masjid Miftahul Jannah lingkungan Sawit Indah Kelurahan Batang Terap, Kecamatan Perbaungan.

Ilham Ritonga mengatakan, niat qurban ini iklas dilakukannya karena mengikuti perintah Allah Swt. Ia mencontohkan pada peristiwa ratusan tahun yang lalu Nabi Ibrahim AS yang menqurbankan anaknya Ismail atas perintah Allah Swt untuk menyembelihnya.

“Selanjutnya, perintah Allah Swt itu dilakukan Nabi Ibrahim AS kepada anaknya, atas keiklasan dan keteguhan iman Ismail yang rela disembelih oleh ayahnya Ibrahim. Namun Allah Swt menggantikannya dengan seekor domba,” tutur Ilham.

“Dari peristiwa itu, tentunya kita dapat mengambil hikmah kepada seluruh umat manusia untuk terus berikhtiar dan mengamalkan semua perintah Allah Swt dengan menjauhi semua larangannya dalam kehidupan kita sehari-hari,” sambungnya.


Menurut Ilham, dengan berqurban membawa nikmat tersendiri bagi yang melaksanakannya. Karena kata qurban itu berasal dari bahasa arab yang berarti dekat atau mendekatkan.

“Yang disebut juga Udhhiyah atau Dhahiyyah secara harfiah berarti hewan sembelihan. Dengan berqurban sesungguhnya mendekatkan diri dan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah Swt,” sebutnya.

Tentunya dengan berqurban, kata Ilham, terciptalah Habblum Minanas untuk kembali merajut tali silaturahmi dengan menyisihkan rezeki.

“Untuk saling berbagi kepada saudara-saudara kita yang kurang mampu,” katanya.

Dijelaskan Ilham, dengan berqurban berarti melatih diri untuk berempati dan peduli terhadap sesama umat manusia.

“Daging qurban ini nantinya akan dibagikan kepada orang-orang yang kurang mampu di sekitar Kecamatan Perbaungan,” sebut Ilham.

Pada kesempatan itu, Ilham Ritonga bersama keluarga mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1440 H Mohon Maaf Lahir dan Bathin.(*)

Reporter: Surya Hsb
Editor: Ridwan Syamsuri

Konten Terkait

Warung Berbasis Masjid YBM BRI Dilaunching

Ridwan Syamsuri

Hei Guys, Baca ini Kalau Mau Lolos CPNS

Val Vasco Venedict

Dewan Sarankan Sistem Zonasi Waktu Operasional Hiburan Malam

Ridwan Syamsuri