Prosumut

Perang Megapiksel Kamera Smartphone, Samsung Keluarkan Sensor 108MP

Tekno

PROSUMUT – Divisi kamera Samsung akan meluncurkan sensor kamera beresolusi 108MP pada 12 Agustus 2019 mendatang. Pada bulan Juli lalu, rumor yang beredar menyebut sensor ini akan tersedia di ponsel keluaran tahun 2020.

Namun Samsung merevisi lini waktu tersebut, dan berdasarkan bocoran informasi dari slide presentasi internal, Xiaomi akan menjadi pengguna pertama sensor ISOCELL karya Samsung ini, yaitu pada Mi Mix 4 terbaru.

Berdasarkan lini waktu umum peluncuran smartphone baru Xiaomi, ponsel pertama dengan sensor beresolusi 108MP ini akan dirilis pada tahun 2019, dan tersedia di pasar Tiongkok terlebih dahulu, seperti laporan GSM Arena.

Masih belum tersedia informasi terkait ukuran sensor tersebut, namun Samsung berjanji akan mengungkap informasi detail terkait perangkat ini pada acara peluncurannya.

Pertarungan megapiksel klasik selama bertahun-tahun telah usai, namun perlombaan dalam menciptakan sensor dengan struktur piksel Quad Bayer terbesar telah dimulai.

Kamera dengan sensor beresolusi 108MP akan memotret foto dengan resolusi normal 27MP, menggunakan sistem penggabungan piksel. Namun masih belum diketahui pasti terkait kemampuan sensor ini memotret foto dengan hasil beresolusi 108MP atau 12032×9024 piksel.

Hingga saat ini, sensor dengan struktur piksel Quad Bayer dirancang untuk dapat memotret seperempat dari resolusi bawaan, menggabungkan empat piksel menjadi satu piksel guna meningkatkan detail pada foto.

Sebelumnya, sebagian besar sensor kamera Quad Bayer mengusung unit beresolusi 48MP, dan versi terbarunya mengusung unit beresolusi 64MP yang dirumorkan akan hadir pada perangkat karya Redmi dan Realme.

Sensor kamera bukan satu-satunya inovasi baru yang dihadirkan Samsung kepada dunia, sebab Samsung baru saja meluncurkan smartphone terbaru di lini Galaxy Note yaitu Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10 Plus.

Smartphone ini dijuluki Samsung sebagai Power Phone karena mengunggulkan empat aspek pembaruan di segi desain, produktivitas, kemampuan berkreasi dan performa. Seri Galaxy Note 10 juga menjadi smartphone lini Galaxy Note pertama yang hadir dalam dua model.

Kehadiran dua model ini disebut Samsung bukan tanpa alasan, karena merupakan jawaban dari masukan yang diberikan konsumen terkait smartphone lini Galaxy, salah satunya menyoal ukuran layar yang dinilai terlalu besar. (*)

Source: Medcom / Foto : GSM-Arena
Editor: Val Vasco Venedict

Konten Terkait

Terdengar Modern & Canggih, Smart City Mudah Diretas

Val Vasco Venedict

ASUS Zephyrus S GX531, Laptop Gaming Tertipis Meluncur di Indonesia

Val Vasco Venedict

Samsung Galaxy A50, Rebut Milenialis Generasi ‘Live’

Val Vasco Venedict