Prosumut

Sapi Kurban Presiden Jokowi Ngamuk, Tiang Tenda Penyembelihan Rusak

Umum

PROSUMUT – Hewan kurban sapi seberat 1,4 ton sumbangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Masjid Agung Keraton Surakarta, Jawa Tengah mengamuk saat akan disembelih, Minggu 11 Agustus 2019.

Akibat kejadian tersebut dua tiang tenda penyembelihan yang dibuat panitia kurban Masjid Agung dirusak dan nyaris roboh mengenai warga yang ada di dalam tenda.

Sapi jenis Simmental yang dibeli Jokowi dari peternak sapi lembu suro di Dukuh Pilang Sari RT 06 /RW 01, Desa Potronayan, Kecamatan Nogosari, Kabupuoaten Boyolali, Jawa Tengah ini sedianya akan disembelih usai Salat Id pukul 08.00 WIB.

Belasan orang panitia penyembelihan hewan kurban berusaha menjatuhkan sapi senilai Rp100 juta itu dengan mengikatkan tali tambang pada tubuh sapi. Bukannya jatuh, sapi justru mengamuk dengan merusak dua tiang penyembelihan yang terbuat dari bambu.

Warga pun panik berhamburan keluar dari dalam tenda karena nyaris roboh. Sapi sumbangan dari Presiden RI ke-7 ini baru berhasil disembelih pukul 10.10 WIB.

Ketua Takmir Masjid Agung Solo, Muh Muhtarom, mengatakan butuh perjuangan ekstra untuk bisa menyembelih sapi milik Presiden Jokowi ini. Besarnya sapi dengan berat mencapai 1,4 ton menjadi tantangan tersendiri bagi panitia kurban untuk bisa menyebelih sapi jenis Simmental ini.

“Ada sekitar 15 orang yang dikerahkan untuk menyembelih sapi sumbangan Jokowi ini. Alhamdulilah akhirnya sapi bisa disembelih dan tidak ada panitia yang terluka,” kata Muhtarom.

Ia menambahkan Iduladha tahun ini Masjid Agung menyembelih sekitar delapan ekor sapi dan 16 ekor kambing. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani juga menyembelih satu ekor sapi di Masjid Agung. (*)

Source: MerahPutih / Foto : Tribunnews
Editor: Val Vasco Venedict

Konten Terkait

Modus Beli Rokok, Pemuda Asal Tembung Ketangkap Curanmor

[email protected]

Saat Warga Terlelap, Gempa 6,1 SR Guncang Nisel

Val Vasco Venedict

Dobrak Tradisi Kenegaraan, Jokowi Turun Salami Komandan Upacara

valdesz