Prosumut

231 Mati Sia-sia Akibat Kasus Penembakan Massal di AS, ini Daftar 5 Tahun Terakhir

Kriminal

PROSUMUT – Kasus penembakan massal di Amerika Serikat seolah tak ada habisnya. Dalam kurun lima tahun terakhir sudah 231 orang tewas dalam penembakan massal di AS.

Penembakan massal di El Paso Texas pada Sabtu 3 Agustus 2019 pagi waktu setempat telah menambah panjang daftar penembakan massal di Amerika Serikat.

Bahkan penembakan di Walmart ini hanya berselang empat hari pasca penembakan massal di Walmart Mississippi yang merenggut nyawa 2 orang.

Berikut daftar penembakan massal di Negara Paman Sam dalam kurun 5 tahun terakhir yang disadur dari The Washington Post dan CNN.

30 Agustus 2019
Korban : 2 tewas

Penembakan terjadi di Walmart Southaven Missisipi oleh seorang karyawannya bernama Martez Tarrell Abram (39). Saksi mata mendengar bunyi tembakan hingga puluhan kali. Dua karyawan Walmart tewas dan seorang polisi terluka dalam kejadian ini. Abram berhasil diringkus polisi dalam kondisi mengalami luka tembak.

13 Mei 2019
Korban : 12 tewas

Seorang pria menembak secara membabi buta di sebuah gedung di Virginia Beach hingga menewaskan 12 orang dan melukai 4 orang lainnya. Pelaku penembakan tewas ditembak polisi.

Belakangan polisi identifikasi pelaku bernama DeWayne Craddock, seorang mekanik professional di kantor pelayanan publik selama 15 tahun. Sebelum penembakan, ia telah mengirim email pengunduran diri dengan alasan pribadi

7 November 2019
Korban : 12 tewas

Sebanyak 12 orang tewas dalam penembakan di sebuah bar di Thousand Oaks, California. Pelaku bernama Ian David Long, menembak seorang satpam di luar bar, lalu masuk menembak yang lain. Long akhirnya tewas bunuh diri.

27 Oktober 2018
Korban : 11 tewas

Sebelas orang tewas dalam penembakan di Sinagoge Tree of Life, Squirell Hill, Pittsburgh. Pelaku bernama Robert Bowers menyerah kepada aparat di lantai tiga gedung. Saat diperiksa, Bowers mengaku ia ingin melakukan pembunuhan massal terhadap orang Yahudi.

18 Mei 2018
Korban : 10 tewas

Dimitrios Pagourtzis (17) memasuki sebuah ruang kelas di SMA Santa Fe, Texas dan melepaskan tembakan. Sebanyak 8 siswa dan dua guru tewas dalam kejadian ini. Pagourtzis berhasil diringkus polisi.

14 Februari 2018
Korban : 17 Tewas

Seorang mantan siswa melepaskan tembakan di SMA Marjory Stoneman Douglas di Parkland Florida. Sebanyak 17 orang tewas dalam kejadian tersebut. Pelaku bernama Nikolas Cruz (19) dan sudah dijerat dengan 17 tuntutan pembunuhan berencana.

5 November 2017
Korban : 26 tewas

Sebanyak 26 orang termasuk seorang bayi yang masih dalam kandungan tewas dalam penembakan di sebuah gereja di Sutherland Spring, Texas. Selain korban tewas, terdapat 20 orang lainnya terluka dalam kejadian ini. Pelaku bernama Devin Patrick Kelley ditemukan tewas saat dikejar polisi.

1 Oktober 2017
Korban : 58 tewas

Di Las Vegas, Stephen Paddock (64) melepaskan tembakan ke arah ribuan orang di Mandalay Bay Resort dan Casino. Sebanyak 58 orang tewas dan melukai hampir 500 orang.

Saksi mata menyebut, pelaku melepaskan tembakan secara membabi-buta selama 10 hingga 15 menit. Polisi yang menyerbu kamar Paddock menemukannya sudah dalam keadaan tewas. Diduga Paddock sengaja bunuh diri.

12 Juni 2016
Korban : 49 tewas

Omar Saddiqui Mateen (29) melepaskan tembakan di sebuah kelab malam kaum gay di Orlando, Florida. Sedikitnya 49 orang tewas dan lebih dari 50 orang lainnya terluka. Polisi menembak mati Mateen dalam operasi pembebasan sandera. 1

2 Desember 2015
Korban : 14 tewas

Pasangan suami istri Syed Rizwan Farook dan Tashfeen melepaskan tembakan ke acara pertemuan karyawan di Inland Regional Center, San Bernardino California. Sebanyak 14 orang tewas dalam kejadian ini. Pasangan ini akhirnya tewas dalam baku tembak dengan polisi. (*)

Source: Newsplus.antvklik.com | Foto : AP
Editor: Val Vasco Venedict

Konten Terkait

Nyambi Jual Sabu, Satpam Kota Binjai Diadili

Ridwan Syamsuri

Polrestabes Medan Bakar Ganja lalu Rebus Sabu

Ridwan Syamsuri

Polisi Rebus Sabu dan Ekstasi

[email protected]