Prosumut

Putri Indonesia Pariwisata Kagumi Batik dan Songket Medan

Sosial Budaya

PROSUMUT – Putri Indonesia Pariwisata 2018, Wilda Octaviana Situngkir mengunjungi Maharani Galeri di Jalan Jalan KH Wahid Hasyim Kecamatan Medan Baru, Jumat 19 Juli 2019.

Selain untuk melihat berbagai koleksi Batik dan Songket karya Ketua TP PKK Kota Medan Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin, kedatangannya ke Kota Medan juga sekaligus menjadi bintang tamu pada malam Grand Final Pemilihan Jaka Dara Kota Medan tahun 2019 yang akan berlangsung di Grand Aston City Hall.

Di dalam galeri yang diisi berbagai busana Batik Medan dan Songket Medan hasil kreasi Hj Rita Maharani, Wilda sangat mengaguminya.

Dara cantik itu bahkan sempat mengenakan berbagai model busana Batik Medan maupun Songket Deli yang mengusung motif sejumlah ikon di Kota Medan. Di antaranya motif Istana Maimun, Masjid Raya Al Mashun serta becak Medan tersebut.

“Saya sangat senang berada di Kota Medan apalagi dapat berkunjung ke Maharani Galery. Ketika pertama kali memijakkan kaki di sini, saat merasa kagum dan bangga melihat hasil karya ibu Rita Maharani. Apalagi nanti malam saya akan hadir di acara Grand Final Jaka Dara dengan mengggunakan Batik Medan,’’ kata Wilda.

Gadis asal Kalimantan Barat mengaku sangat senang dan bangga bisa mengenakan busana Batik Medan dan Songket Medan. Sebab, busana itu tidak hanya booming di Kota Medan tetapi juga sudah terkenal di Tanah Air.

Bahkan, berkat kerja keras Hj Rita Maharani, Batik Medan dan Songket Medan sudah merambah hingga sejumlah negara.

“Bagi saya ini menjadi suatu kehormatan karena dapat melihat dan mencoba langsung berbagai busana hasil kreasi Bunda Hj Rita Maharani. Semoga Batik Medan dan Songket Medan semakin terkenal lagi ke depannya,’’ ungkapnya.

Gadis yang mewakili Kalimantan Barat pada saat pemilihan Putri Indonesia 2018, ternyata masih memiliki darah Batak.

Di samping Putri Indonesia Pariwisata, Wilda yang juga merupakan 3rd Miss Supranational 2018 akan mengenakan busana hasil kreasi Hj Rita Maharani pada malam Grand Final Jaka Dara 2019.

Ketua TP PKK Kota Medan Rita Maharani Dzulmi Eldin mengucapkan terima kasih sekaligus mengaku sangat senang atas kunjungan yang dilakukan Putri Indonesia Pariwisata 2018 tersebut.

Dengan melihat dan mengenakan langsung busana Batik serta Songket Medan, ia berharap agar Wilda dapat memperkenalkan sekaligus mempromosikan Batik dan Songket Medan yang kini telah menjadi salah satu ikon yang dimiliki Kota Medan.

“Dengan bantuan Wilda selaku Putri Indonesia Pariwisata 2018, Insya Allah Batik Medan dan Songket Medan akan lebih terkenal lagi, tidak hanya di Kota Medan tapi di kota-kota lainnya bahkan hingga ke luar negeri. Dengan demikian industri kreatif pengerajin batik dan songket di Kota Medan semakin bergeliat, tentunya ini akan berimbas dengan peningkatan kesejahteraan hidup para pengerajin,” katanya.

Lebih lanjut Hj Rita Maharani mengatakan, awalnya dia mengangkat Batik Medan untuk membuktikan bahwa kualitas batik hasil para pengerajin batik di Kota Medan tidak kalah dengan kualitas batik dari daerah lain yang ada di Indonesia.

Upaya yang dilakukannya ternyata berhasil, perlahan-lahan Batik Medan pun mulai dikenal dan banyak diminati.

Setelah Batik Medan terkenal, ia pun kembali mengangkat Songket Medan dengan harapan Songket Medan dapat mengikuti sukses Batik Medan. Itu sebabnya dalam setiap kesempatan maupun event, ia terus mempromosikan Songket Medan.(*)

Reporter: Rayyan Tarigan
Editor: Ridwan Syamsuri

Konten Terkait

Wali Kota Launching MGSA 2019

Ridwan Syamsuri

Sister City Medan Jadi Liputan Khusus Majalah Ternama Korea

Ridwan Syamsuri

LBH-APIK Medan Launching Program Lansia Berdaya

[email protected]