Prosumut

PILKADES LANGKAT: Cakades Harus Siap Menang, Siap Kalah

Politik

PROSUMUT – Dua ratusan calon kepala desa melakukan deklarasi damai Pemilihan Kepala Desa serentak gelombang III tahun 2019 di Gedung Akper Stabat, Jumat (19/7/2019).

Ini delapan poin isi deklarasi damai yang diikrarkan dan ditandantangani bersama oleh Cakades di hadapan Bupati Langkat Terbit Rencana Perangun-angin.

Pertama, menyukseskan pelaksanaan Pilkades tahun 2019 secara jujur dan demokratis dalam suasana tertib, lancar, aman dan damai.

Kedua, tidak akan melakukan segala bentuk ancaman, intimidasi, provokasi, tindakan arnakis dan bentuk – bentuk kekerasan serta pemaksaan kehendak atau penyimpangan lainnya dalam pelaksanaan Pilkades 2019.

Ketiga, senantiasa mengedepankan azas musyawarah/mufakat dalam penyelesaian konflik dan sengketa sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Keempat, tidak menyebarkan dan mengeksploitasi isu-isu yang bersifat Sara dalam kampanye dan selama pelaksanaan Pilkades 2019.

Kelima, bertanggungjawab dan menyerahkan penyelesaian segala bentuk pelanggaran kepada institusi atau lembaga yang berwenang untuk menyelesaikannya.
Keenam, siap menerima segala hasil dari pelaksanaan Pilkades 2019 yang dinyatakan sah sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Ketujuh, menanti semua ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, khususnya ketentuan hukum dan peraturan-peraturan tentang Pilkades 2019, memegang teguh moral dan etika yang bersumber kepada nilai pancasila, budaya bangsa dan agama, mengutamakan kepentingan umum dan menghormati hak- hak azasi manusia.

Terakhir, masing-masing calon dan pendukung berperan serta bersama kepolisian atas keamanan, ketertiban dan kelancaran semua kegiatan yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pilkades 2019.

Pembacaan ikrar ini dipimpin Yahya, salah satu Cakades. Untuk Cakades dari Langkat Hulu, Hilir dan Teluk Haru, bupati menyampaikan penghargaan atas terlaksananya penyelenggaraan deklarasi ini.

“Saya berharap kepada para Cakades, untuk dapat mengikuti ketentuan yang telah ditentukan, sesuai peraturan UU yang berlaku,” ujar bupati.

Sebab menurutnya, Pilkades ini merupakan wahana demokrasi bagi masyarakat Desa untuk memilih pemimpin di desanya.

“Diharapkan nantinya melahirkan visi dan misi memajukan, menyejahterakan dan membuat desanya mandiri,” tutur pria yang akrab disapa Cana.
Kepada Cakades, bupati berpesan, untuk melaksanakan isi deklarasi tersebut dengan baik.

“Melaksanakan setiap kesepakatan yang telah dideklarasikan dan tanamkan semangat siap menang dan kalah,” harap Cana.

Tak lupa, juga hindari upaya menghujat calon lainnya, dalam penyampaian visi misi dan program kerjanya.

“Dan yang terakhir, untuk tetap menjaga tali persaudaraan dan kondusifitas daerahnya,” tegas Bupati.(*)

Reporter: Muhammad Akbar
Editor: Ridwan Syamsuri

Konten Terkait

Golkar & PDIP Tawari Menantu Jokowi Masuk Politik

Val Vasco Venedict

Akibat Ulah Romy, Suharso Tak Lagi Orang Istana

Val Vasco Venedict

Jadi Politisi Jangan Juniper ya, Itu Pesan Sandi

Val Vasco Venedict