Prosumut

Melawan, Dua Jambret di Simpang Jalan Asia Ditembak Polisi

Kriminal

PROSUMUT – Dua pelaku penjambretan di Jalan Bakaran Batu Simpang Jalan Asia, Medan Area terpaksa ditembak kedua kakinya oleh petugas Polrestabes Medan saat dilakukan pengembangan kasus. Kedua pelaku ditembak lantaran mencoba kabur dengan melakukan perlawanan kepada petugas.

Adapun pelaku yang ditembak adalah Rangga Nasution (22) warga Jalan Sentosa Lama Gang Antara, Medan Perjuangan dan Putra Mangku Prawira (24) warga Jalan Sekip/Jalan Ketapang Gang Sempu, Medan Petisah.

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto menjelaskan, kedua pelaku menjambret seorang mahasiswi bernama Johana Boru Manik (24) pada Minggu (4/6) sekira pukul 22.00 WIB. Saat itu, korban sedang berjalan kaki di Jalan Bakaran Batu dan menyebrang ke Jalan Asia.

“Saat menyeberang, korban sedang memegang HP (handphone) merk Samsung Galaxy J2 Prime. Diduga kuat kedua pelaku yang sudah membuntutinya dengan mengendarai sepeda motor tanpa plat nomor langsung mengambil paksa HP korban,” ujar Dadang dalam keterangan pers di Mapolrestasbes Medan, Senin 15 Juli 2019.

Korban sempat berteriak rampok dan meminta tolong kepada warga sekitar maupun pengendara yang melintas. Akan tetapi, kedua pelaku sudah kabur terlebih dahulu. “Korban kemudian membuat laporan pengaduan ke kita. Dari pengaduan korban, dilakukan penyelidikan lebih lanjut,” sebut Dadang.

Setelah sebulan lebih melakukan penyelidikan, kata dia, pihaknya mendapat informasi bahwa pelaku pencurian dengan kekerasan sesuai dengan laporan polisi tersebut sedang berada di seputaran Jalan Durung Medan, tepatnya di kos-kosan pada Sabtu (13/7) sekitar pukul 03.00 WIB. Selanjutnya, petugas bergerak menuju alamat tersebut dan langsung mengamankan kedua pelaku tanpa perlawanan.

“Berdasarkan hasil interogasi kedua pelaku, mereka mengakui perbuatannya. Kemudian, petugas melakukan pengembangan untuk mencari tahu TKP lainnya karena pengakuan pelaku sudah beraksi hingga belasan kali,” terang Dadang.

Akan tetapi, sambungnya, pada saat akan dilakukan pengembangan ternyata kedua pelaku berusaha melawan petugas untuk melarikan diri. “Sudah diberikan tembakan peringatan, tetapi mereka tetap kabur. Oleh karenanya, petugas terpaksa menembak kedua kakinya dan selanjutnya membawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Medan untuk mendapat perawatan,” ungkapnya.

Dadang menambahkan, berdasarkan hasil interogasi pelaku Rangga sudah 5 kali melakukan aksi yang sama di Medan. Sedangkan pelaku Mangku sudah beraksi 12 kali. (*)

Reporter: Rayyan Tarigan
Editor: Ridwan Syamsuri

Konten Terkait

WN Malaysia, Dua Penyeludup Sabu Ini Disidang

[email protected]

Dua Terdakwa Korupsi Pengadaan Alat Peraga Sekolah, Dituntut 18 Bulan Penjara

Ridwan Syamsuri

Pengedar Ekstasi Pasrah Diganjar 8,5 Tahun

[email protected]