Prosumut

Blanko e-KTP Kosong di Binjai

Public Service

PROSUMUT – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Binjai kewalahan untuk mencetak KTP Elektronik. Soalnya, mereka kehabisan blanko.

Persoalan inipun terjadi di tingkat nasional. Kabid Pelayanan Disdukcatpil Binjai, Upik Sarimanah membenarkan blanko KTP El sedang kosong. Kondisi ini sudah berlangsung setiap bulan.

“Blanko KTP Elektronik pada saat ini kosong. Kosong dalam artian kami pinjam-pinjam minta ke daerah-daerah lain. Itu ada dari Kota Tanjungbalai, Kabupaten Asahan, sama Jakarta, pinjam 500 500 lah cicil dari mereka,” kata Hj Upik Sarimanah, Kamis 11 Juli 2019.

Tak ayal, kondisi ini membuat masyarakat kecewa. Sebab, kebutuhan mereka yang diwajibkan dalam kebijakan sistem KTP Elektronik tidak bisa terpenuhi.

Apalagi, mengingat KTP Elektronik menjadi syarat penting bagi warga negara sebagai identitas resmi, dan multifungsi dalam kehidupan.

Blanko sempat tersedia, kata dia, ketika menjelang proses Pemilu 2019. Disdukcapil langsung terjun ke masyarakat untuk merekam dan langsung mencetak KTP Elektronik, termasuk di Lembaga Pemasyarakatan Kota Binjai.

“Waktu Pemilu 10.000 cetak KTP, langsung rekam dan cetak. Sekarang kosong, sejak Pemilu ini. Waktu itu, ada juga kami ambil ke Jakarta, bayangkan aja ambil 500 biaya jemput langsung Rp 10 juta,” ungkapnya.

Menurutnya, biaya jemput blanko dirasa tidak sebanding. Antara biaya jemput dan jumlah blanko hanya 500 yang diterima. Saat disoal sistem pesan saja lewat jasa pengiriman, Upik bilang tidak bisa. Ia beralasan biaya kargo dan tidak ada yang mau mengirim.

“Siapa yang mau biayai kargonya, sekarang kita enggak ada pengutipan. Jadi ya kita lah kalau mau, tergantung uang daerah lah kalau mau bikin jemput langsung,” katanya.(*)

Reporter: Muhammad Akbar
Editor: Ridwan Syamsuri

Konten Terkait

Pembatalan 12 Ribu Peserta Baru PBI BPJS Kesehatan, Sejumlah Anggota DPRD Medan Sudah Teken Usulan Interpelasi

Ridwan Syamsuri

Warga Medan Diingatkan Tak Merokok di Sembarangan Tempat

Ridwan Syamsuri

Warga Jalan Gelas Protes Apartemen De Glass

Ridwan Syamsuri