Prosumut

Melalui GSI Bupati Soekirman Berharap Lahir Bibit Potensial

Sepakbola

PROSUMUT – Bupati Ir H Soekirman membuka pertandingan Gala Siswa Indonesia (GSI) tahun 2019 tingkat SMP se-Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Senin 24 Juni 2019.

Pembukaan dihelat di lapangan PT Socfindo Perkebunan Matapao, Dusun II, Desa Matapao, Kecamatan Teluk Mengkudu.

Pada kesempatan itu, bupati sangat mengapresiasi panitia penyelenggara.

Khususnya Dinas Pendidikan yang telah menggelar kembali GSI tahun 2019 untuk ketiga kalinya sejak berganti nama dari Liga Pelajar Indonesia (LPI) menjadi Gala Siswa Indonesia (GSI)

“GSI merupakan salah satu bentuk kepedulian dalam memajukan persepakbolaan di Kabupaten Sergai,” tutur Soekirman.

“Melalui GSI ini diharapkan akan lahir pemain-pemain sepak bola berbakat yang berkesempatan mendapat pembinaan lebih lanjut dan secara jangka panjang akan menjadi pemain sepak bola yang handal bagi Kabupaten Tanah Bertuah negeri Beradat,” sambungnya.

Menurut Soekirman, meski anggran terbatas, namun Pemkab Sergai tetap melakukan pembinaan untuk olahraga, khususnya sepakbola.

“Selanjutnya, kami akan mengantarkan para bibit potensial tersebut hanya sampai perbatasan sungai ular saja. Selanjutnya mereka yang menentukan karir olahraga yang akan ditempuh selanjutnya. Sebab berhasil atau tidak merekalah yang menentukan,” bilang Soekirman.

Soekirman berharap, semoga para bibit potensial sepakbola tersebut dapat membawa nama baik daerah dan nasional.

“Seperti Dimas Sumantri dan Maldini asal Sergai yang sempat masuk dalam Timnas U-16 dan meraih prestasi tingkat internasional beberapa tahun yang lalu,” jelas Soekirman.

Menutup, Soekirman berpesan kepada para peserta, bahwa meraih juara  bukanlah satu-satunya tujuan utama.

“Yang lebih penting adalah setiap peserta mengerahkan segenap kemampuan dengan dilandasi jiwa dan semangat sportivitas yang tinggi,” tegas Soekirman.

Sementara itu, dalam laporannya Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Manik, MM menyampaikan, Liga Sepakbola GSI merupakan suatu kegiatan yang bersifat kompetisi di bidang olahraga sepakbola antar siswa SMP sederajat.

“Selain itu, juga sebagai wadah mengimplementasikan penguatan pendidikan karakter siswa,” jelas Jhoni.

Kata Jhoni, GSI sendiri bertujuan untuk meningkatkan kecintaan, apresiasi dan mengembangkan bakat serta minat siswa dalam cabang olahraga sepak bola.

“Sekaligus meningkatkan persatuan dan kesatuan antara siswa di seluruh Kabupaten Sergai,” pungkasnya.

Kegiatan dimulai dari tanggal 24 Juni hingga 13 Juli 2019. Kompetisi akan diikuti oleh 16 tim yang berasal dari SMP negeri dan swasta se-Sergai.

Babak penyisihan GSI Tahun 2019 dilaksanakan di dua wilayah. Masing-masing di Lapangan Sepak Bola Nagur Kecamatan Tanjung Beringin dan Lapangan Sepakbola PT. Socfindo Matapao Kecamatan Teluk Mengkudu.(*)

Reporter: Muhammad Siddik/Surya Hsb
Editor: Ridwan Syamsuri

Konten Terkait

City Sulit Ditaklukkan, Kekuatan Duitnya Melimpah

Val Vasco Venedict

Saham Klub Liga Inggris ini Dibeli Konglomerat Indonesia

Val Vasco Venedict

Presiden Turki Saksi Nikah Pemain Timnas Jerman

Val Vasco Venedict