Prosumut
Pemerintahan

Pemkab Langkat Bentuk Tim Penyusunan GDPK

PROSUMUT – Pemkab Langkat sudah membentuk tim penyusunan Grand Design Pembangunan Kependudukan. Tujuan tim dibentuk untuk mempercepat penyelesaian GDPK di Kabupaten Langkat.

Hal tersebut diucapkan Wakil Bupati Langkat, H Shah Afandin saat memimpin apel gabungan ASN di Kantor Bupati Langkat, Stabat, Senin (17/6/2019).

Karena itu, Wabup Langkat meminta kepada Kadis terkait untuk terus meningkatkan koordinasi dan kerjasama. Khususnya dalam rangka penyusunan program kegiatan dan kebijakan pembangunan di Kabupaten Langkat.

BACA JUGA:  Pemko Tebingtinggi Jalin Kerjasama Dengan RSUP H Adam Malik

“Ini sejalan dengan amanat UU No 52 Tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga. Dan PP No 87 Tahun 2014 tentang perkembangan kependudukan, KB dan sistem informasi keluarga,” ujarnya.

“Semuanya mengatur bahwa urusan sinkronisasi dan pemanduan kebijakan terkait pengendalian kuantitas penduduk wajib dilaksanakan. Baik oleh pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota,” sambungnya.

BACA JUGA:  Atlit Puslatda KONI dan OKP di Tebingtinggi Jalani Rapid Tes

“Proses pemanduan dan sinkronisasi tersebut, melahirkan Peraturan Presiden RI No 153 tahun 2014 tentang GDPK. Di mana setiap tingkatan wilayah untuk dapat menyusun suatu rancangan induk/GDPK, dengan harapan agar setiap pemangku kebijakan di wilayah masing-masing, dapat merujuk peraturan GDPK dimaksud,” paparnya.

BACA JUGA:  Pemkab Langkat Gelar Peringatan Maulid 1442 H

Menurutnya, untuk menyukseskan program ini, salah satunya dapat tersusun dalam RPJMD, indikator-indikator program KKBPK Tahun 2019-2024.

Sehingga cepatnya laju pertumbuhan penduduk, yang berimplikasi pada bertambahnya jumlah penduduk dan meningkatnya kebutuhan pangan, kesehatan, pendidikan, air bersih, lapangan pekerjaan, serta berpotensi terjadinya kualitas lingkungan, dapat dipersiapakan dengan baik.(*)

Konten Terkait

Gowes Jelajah Negeri Diikuti Ribuan Peserta

admin@prosumut

Terapkan Protokol Kesehatan, Tebingtinggi Siap Laksanakan MTQ Sumut

admin2@prosumut

Perkuat Kebijakan Masa Pandemi, OJK Lantik Satker Baru

admin2@prosumut