Prosumut
Pemerintahan

Sudah 600 Angkutan Mudik di Sumut Dicek Kesiapan Layak Jalan

PROSUMUT – Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah II bersama Dinas Perhubungan Sumatera Utara (Dishub Sumut) dan Direktorat Lalu Lintas Polda Sumut melakukan pengecekan serta pemeriksaan kelayakan atau kesiapan fisik kendaraan angkutan mudik di Terminal Terpadu Amplas Medan, Selasa 29 Mei 2019.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah II, Putu Sumarjaya mengatakan dalam seminggu ini sudah 600 angkutan mudik yang dicek kelaikan atau kesiapan fisik kendaraannya.

BACA JUGA:  Patung Pahlawan Nasional Letjen Jamin Ginting Diresmikan

“Mulai dari bus AKAP, AKDP dan bus yang melayani angkutan lebaran semuanya kita cek,” ujar Putu.

Kata dia, dari hasil pengecekan ternyata angkutan mudik layak jalan maka diberikan stiker tepat di kaca depan bus. Jika sebaliknya, kalau tidak layak maka tidak diizinkan beroperasi.

BACA JUGA:  Dubes AS dan Mendag Zulhas Sepakat Pererat Hubungan Ekonomi

“Pengecekan ini dilakukan sampai satu hari lebaran. Selain melakukan pengecekan terhadap kelaikan bus, kita juga telah bekerjasama dengan BNN untuk melakukan pengecekan terhadap pengemudi atau sopirnya,” sebut Putu.

Disebutkan dia, pengesekan terhadap sopir mengenai kondisi fisiknya. Kemudian, dicek urinenya untuk mencari tahu apakah pengemudi menggunakan narkoba.

BACA JUGA:  Patung Pahlawan Nasional Letjen Jamin Ginting Diresmikan

“Ada beberapa supir yang kita temukan menggunakan narkoba dan langsung kita suruh ganti. Ini adalah prosedur yang harus kita lakukan, tujuannya tak lain demi keselamatan penumpang,” terangnya.

Putu menambahkan, para sopir diminta dapat tertib berlalu lintas membawa angkutan mudik. Dengan kesiapan ini semoga tidak terjadi kecelakaan lalu lintas saat mudik. (*)

Konten Terkait

Disdukcapil Labuhanbatu Pastikan KIA Gratis Tanpa Calo

admin2@prosumut

Dubes AS dan Mendag Zulhas Sepakat Pererat Hubungan Ekonomi

Editor prosumut.com

Pemkab Langkat Bantu Korban Kebakaran

Ridwan Syamsuri