Prosumut

Lapas Langkat Rusuh, Ambulans Dibakar, 200 Napi Kini Buron

Kriminal

PROSUMUT – Lembaga Pemasyarakatan Narkotika di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, dilaporkan terjadi kerusuhan pada Kamis siang, 16 Mei 2019. Namun belum diketahui persis penyebab peristiwa itu.

Aparat Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara mengonfirmasi kabar kerusuhan itu tetapi masih mengumpulkan informasi tentang penyebabnya.

“Ya kita terima [kabar] seperti itu (terjadi kerusuhan),” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumut, Josua Ginting.

Informasi yang dihimpun, narapidana yang melarikan diri berkisar 200 orang.

Petugas Polres Langkat yang mendapat informasi melakukan penyisiran di wilayah Kabupaten Langkat untuk menangkap kembali narapidana yang kabur.

Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto langsung memerintahkan personelnya melakukan razia, untuk menangkap napi yang kabur tersebut. Razia dilakukan di perbatasan Sumatera Utara – Aceh.

“Sudah diperintahkan untuk razia,” katanya dalam keterangan tertulis.

Pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk mendata para napi yang kabur. “Kami melakukan koordinasi untuk data para napi yg melarikan diri tentunya,” jelasnya.

Humas Kanwil Kemenkumham Sumut Josua Ginting membenarkan soal kericuhan itu. Kekinian, pihaknya sedang menuju ke lokasi kejadian. “Iya, kami terima (laporan) seperti itu,” jelasnya.

Hingga kekinian, belum diketahui apa penyebab pasti kericuhan. Sejumlah fasilitas di dalam jugas dirusak oleh para narapidana. (*)

Editor: Val Vasco Venedict

Konten Terkait

Jaksa Tuntut Bandar Sabu 10 Tahun Penjara

Sahala

Polsek Gebang Tangkap Mahasiswa Kurir Sabu Antar Provinsi

Sahala

Bawa Ratusan Bal Ganja, Dua Warga Jabar Diringkus

[email protected]