Prosumut
Tim XVI Safari Ramadhan Pemkab Sergai Kunjungi Masjid Baiturrahim

Bupati Soekirman: Tingkatkan Silaturahmi, Perkuat Persaudaraan

Sosial Budaya

PROSUMUT – Pemkab Serdangbedagai (Sergai) melaksanakan Safari Ramadhan serentak di 17 Kecamatan. Dalam kunjungannya, Tim Safari Ramadhan mengunjungi sebanyak 51 masjid.

Tim XVI Safari Ramadhan Pemkab Sergai mengunjungi Masjid Baiturrahim Dusun XVI Kp Saben Desa Sei Bamban Kecamatan Sei Bamban, Senin (13/5).

Rombongan Tim XVI dipimpin Kadis Pendidikan Sergai Drs Joni Walker Manik MM.

Joni didampingi anggota Sekretaris Dinas Pendidikan Drs Suriadi, Kabid PTK Dinas Pendidikan Pujiono S.Sos, MAP; Kabid SMP Dinas Pendidikan Sugianto SPd; Kabid Pengendalian Penduduk dan Penggerakan Ingan Malem Tarigan SE dan Ka Seksi Pemenuhan Hak Anak Informasi Data M.Dian Andika SH.

Turut menghadiri, Camat Sei Bamban Jarman Sijabat, Korwil Dinas Pendidikan Sei Bamban Sudariono, Kades Sei Bamban, BKM H Agus Salim, Ustad Sulaiman, Ustad Injan Ibrahim STHI, serta seluruh jamaah sholat isya dan tarawih Masjid Baiturrahim.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan tali silaturahmi antara pemerintah dan masyarakat. Kemudian, memperkuat ikatan rasa persaudaraan kita umat beragama dalam suasana kebersamaan dan kasih sayang,” ujar Drs Joni Walker Manik MM membacakan sambutan tertulis Bupati Sergai, Ir H Soekirman.

Selain itu, kata Joni, kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk menghadirkan pemerintah di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Sergai.

“Berdasarkan keputusan Bupati Sergai nomor 444/18.3/tahun 2019 tanggal 7 mei 2019, telah ditetapkan 17 tim yang akan mengunjungi 51 masjid di 17 kecamatan se-Kabupaten Sergai,” kata Joni.

Joni berharap, semoga kunjungan tim safari ramadhan kali ini dapat memberikan informasi yang positif untuk menjembatani kepentingan masyarakat dalam mencapai pembangunan Kabupaten Sergai di bawah kepemimpinan Ir H Soekirman dan H Darma Wijaya SE.

“Dengan semangat kebersamaan dari semua komponen masyarakat, maka apa yang kita cita-citakan bersama untuk daerah ini dapat terwujud,” ujar Joni.

Selama tiga tahun kepemimpinan Bupati Ir H Soekirman, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sergai meningkat.

Pada tahun 2016, pertumbuhan ekonomi Sergai sebesar 5,14%. Meningkat menjadi 5,16% pada tahun 2017.

“Disamping itu, masyarakat miskin berkurang secara signifikan. Sebelumnya pada tahun 2017 sebanyak 9,30%, pada tahun 2018 menurun menjadi 8,22%,” jelasnya.

Pemerintahan serdang bedagai juga menerapkan E-GOVERNMNET. Ini merupakan upaya untuk meningkatkan pelayanan dengan memanfaatkan jaringan Elektronik berbasis on line.

“Sehingga kehadiran pemerintahan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat dan memberikan kemudahan dalam pelayanan serta efisiensi waktu,” papar Joni.

Kemudian, untuk meningkatkan infrastruktur keagamaan, segera dibangun Masjid Agung yang dibiayai APBD Pemkab Sergai tahun anggaran 2019.

“Pagu anggarannya sebesar Rp 51 miliar,” tutur Joni.

Dalam bulan yang penuh ampunan, Pemkab Sergai mengucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat. Karena Pemilu serentak 2019 telah berjalan aman, lancar dan damai.

“Kondisi ini diharapkan terus terjaga sampai tanggal 22 mei 2019 nanti,” harap Joni.

Sebagai tanda mempererat tali silaturahmi antara pemerintah dengan masyarakat, Pemkab Sergai memberikan bingkisan kepada Badan Kenaziran Masjid (BKM)

“Kami harapkan kiranya pihak kenaziran dapat memanfaatkannya untuk kepentingan ibadah di masjid ini,” pungkas Bupati

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan tausyiah yang akan disampaikan oleh Ustad Sulaiman.(*)

Reporter: Muhammad Siddik
Editor: Ridwan Syamsuri

Konten Terkait

Sister City Medan Jadi Liputan Khusus Majalah Ternama Korea

Sahala

Tradisi Kebaya di Hari Kartini

Valdez

FJPI Sumut Bagikan Paket Sembako di Masjid Al Mukhlisin Helvetia

[email protected]