Prosumut

Pemilik Ponsel Android & IOS Lawas, Siap-siap Ancaman ini!

Tekno

PROSUMUT – Mulai Februari 2020 mendatang, WhatsApp akan resmi menghentikan dukungan untuk beberapa sistem operasi lama, baik di Android maupun iOS. Dampaknya, sejumlah fitur bakal secara bertahap tidak lagi bisa diakses oleh pengguna.

Menurut laporan Phone Arena, WhatsApp menyatakan bahwa aplikasi untuk perangkat bersistem operasi Android versi 2.3.7 Gingerbread atau sebelumnya dan iOS 7 atau sebelumnya hanya bisa dipakai hingga 1 Februari 2020 nanti.

Bahkan, seperti dikutip Telko.id, Kamis 9 Mei 2019, untuk perangkat bersistem operasi Windows Phone, WhatsApp akan berhenti memberi dukungan lebih cepat, yakni 31 Desember 2019. WhatsApp fokus ke sistem operasi baru.

Ke depan, WhatsApp hanya akan mendukung sistem operasi Android 4.0.3 ke atas, iOS 8 hingga terbaru, Windows Phone 8 ke atas dan sejumlah ponsel yang memakai KaiOS 2.5.1 ke atas, termasuk JioPhone serta JioPhone 2.

Beberapa waktu lalu, WhatsApp mengirim peringatan kepada pengguna agar tidak menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dimodifikasi. Aplikasi yang dimodifikasi seperti WhatsApp Plus dan GB WhatsApp memiliki risiko keamanan.

WhatsApp tidak bisa menjamin praktik keamanan aplikasi versi yang dimodifikasi. Karenanya, WhatsApp melarang penggunaannya. Jika dicekal, mereka harus mengunduh WhatsApp versi resmi untuk bisa mengakses lagi akun lama.

Pengguna juga bertanggung jawab menyimpan riwayat obrolan sebelum mengunduh aplikasi resmi. Kendati demikian, WhatsApp tetap tidak segan untuk menghapus seluruh riwayat obrolan pengguna yang melanggar pedoman. (*)

Editor: Val Vasco Venedict

Konten Terkait

18 Tahun Bersama, Apple Akhirnya Berpisah dari iTunes

Val Vasco Venedict

4 HP Hantu Murah yang Susah Dicari, Padahal Lebih Canggih dari iPhone X

Ridwan Syamsuri

B50 Produksi PPKS Bisa Jadi BBM Alternatif

Val Vasco Venedict