Prosumut

Barang Impor Masuk, Kemendag Bilang Harga Bawang Putih Segera Stabil

Ekonomi

PROSUMUT – Belakangan ini masyarakat diresahkan dengan kenaikan harga bawang putih. Harga salahsatu bumbu dapur itu kini berkisar Rp80 ribu hingga Rp100 ribu per kilogram.

Harga bawang putih diyakini akan segera stabil karena kini bawang putih impor telah masuk.

Hal itu dikatakan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Kementerian Perdagangan (Kemendag) Tjahya Widayanti, Kamis 9 Mei 2019.

“Kita sudah bagi-bagi bawang putihnya ke distributor, tinggal dijual,” katanya.

Ia pun menargetkan harga bawang putih dapat berangsur stabil di kisaran Rp 35 ribu per kilogram (kg) di sektor ritel, dan Rp 32 ribu per kg di sektor pasar tradisional.

Selain itu, kata dia, sejak 18 April lalu, Kemendag sudah melakukan OP bawang putih dan akan terus dilangsungkan pada Ramadhan ini.

Tjahya mengakui, pada Ramadhan ini terdapat beberapa komoditas pangan yang harganya tinggi di pasaran. Komoditas tersebut antara lain bawang putih dan bawang merah.

Meski begitu, dia memastikan, untuk bawang putih harga akan kembali bisa ditekan turun karena suplai sudah tersedia dari impor.

“Sedangkan untuk bawang merah, Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan pasokan tersedia sehingga harga berangsur normal,” katanya. (*)

Editor: Nur Fatimah

Konten Terkait

Resah Tiket Masih Mahal, LBP: Solusinya Turunkan Pajak Avtur

Valdez

Transaksi Berbasis Kartu di Sumut Naik 6 Persen

[email protected]

Sumber Daya Alam Sumut Jadi Komoditi Pasar Amerika-Eropa

[email protected]