Prosumut

Jika Chelsea vs Arsenal di Final Liga Europa, Inggris Ciptakan Sejarah

Sepakbola

PROSUMUT – Liga Champions 2018-2019 telah sampai pada puncaknya setelah dua tim terbaik berhasil lolos ke laga pamungkas.

Uniknya, kedua tim yang akan tanding di laga final tersebut adalah dua tim yang berasal dari negara yang sama yakni Inggris.

Kedua perwakilan Inggris tersebut adalah Liverpool dan Tottenham Hotspur. Keberhasilan kedua wakil Inggris melaju ke partai final Liga Champions pun menjadi hal bersejarah tersendiri.

Pasalnya ini merupakan kedua kalinya tercipta All English Final di ajang Liga Champions.

Sebelumnya, sejarah pertama tersebut terjadi pada Liga Champions musim 2007-2008. Saat itu, dua wakil Inggris yakni Manchester United dan Chelsea saling berjumpa di partai puncak.

Laga itu pun berhasil dimenangkan Man United yang meraih kemenangan atas Chelsea lewat babak adu penalti.

Kini pertemuan kedua tim Liga Inggris kembali terjadi pada musim 2018-2019. Liverpool dan Tottenham akan saling berhadapan dan akan memperebutkan trofi juara Liga Champions di Wanda Metropolitano, Madrid, Spanyol pada Selasa 2 Juni 2019 dini hari WIB.

Keberhasilan Liverpool dan Tottenham melaju ke final pun sejatinya sangat dramatis. Kedua tim sama-sama berada dalam posisi kekalahan sebelum akhirnya melakukan epic comeback atas lawannya masing-masing.

Liverpool melaju ke final setelah mengalahkan Barcelona dengan skor agregat 4-3. Sempat tertinggal 0-3 di leg pertama, Liverpool mampu bangkit dan membalikkan keadaan dengan menyarangkan empat gol di leg kedua. Satu tiket final berhasil menjadi milik Liverpool.

Hal hampir serupa terjadi pada Tottenham saat menghadapi Ajax. Tertinggal 0-1 pada leg pertama, penderitaan Tottenham kembali berlanjut di leg kedua. Tertinggal 0-2 dari Ajax di babak pertama leg kedua, membuat peluang Tottenham untuk lolos semakin menipis.

Tetapi keadaan berbalik kala Lucas Moura mencetak hattrick sekaligus memberi kemenangan untuk Tottenham. Meski skor agregat imbang 3-3, tetapi Tottenham berhak lolos karena unggul dalam gol tandang.

Setelah Liga Champions, musim ini Liga Europa juga berpeluang menampilkan laga All-English Final atau semua finalis berasal dari Inggris.

Laga final Liga Champions musim ini akan mempertemukan dua tim yang berasal dari Liga Inggris: Tottenham Hotspur dan Liverpool.

Laga dua tim asal Inggris atau sering disebut “All-English Final” sebenarnya jarang terjadi di Liga Champions. Satu-satunya kejadian tersebut ada pada laga final Liga Champions 2007-2008 antara Manchester United kontra Chelsea.

Musim ini, selain di Liga Champions, Inggris juga bisa mengirimkan dua wakil di final kompetisi antarklub Eropa lainnya, Liga Europa.

Arsenal menang 3-1 atas Valencia pada laga pertama semifinal sedangkan Chelsea bermain imbang 1-1 di kandang Eintracht Frankfurt.

Laga kedua semifinal akan berlangsung malam nanti, Kamis 9 Mei 2019 atau Jumat 10 Mei 2019 dini hari WIB.

Andai Arsenal dan Chelsea lolos ke final, ini akan jadi kali pertama dalam sejarah ada empat tim asal satu negara yang melaju ke dua final tertinggi kompetisi Eropa. (*)

Editor: Val Vasco Venedict

Konten Terkait

Ronaldo Bawa Juve Angkat Trofi ke-8 Scudetto

Valdez

Kecewa Luar Biasa PSMS Turun Kasta

Valdez

Ayo Buruan Daftar, Berlangsung 15-31 Maret Futsal Kapolda Cup Berhadiah Rp 200 Juta

Valdez