Prosumut
Tekno

Murah & Hi-Tech, 2 Ponsel Baru ini Jadi Buruan

EPAPER

PROSUMUT – Kehadiran sejumlah smartphone baru kembali menyemarakan pasar Indonesia.

Masing-masing vendor berlomba menawarkan produknya. Hal ini membuat konsumen lebih leluasa dalam memilih smartphone yang sesuai dengan selera.

Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu 30 Maret 2019, informasi mengenai dua smartphone baru yang dirilis di Tanah Air, dengan rentang harga antara Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta-an.

Buat kamu yang mungkin saat ini tengah mencari smartphone di rentang harga tersebut, semoga informasi ini menjadi gambaran mengenai ponsel apa saja yang bisa jadi opsi terbaik.

Oppo A5s
Belum lama ini Oppo A5s telah resmi melenggang di Indonesia dan dibandrol seharga Rp 1.999.000.

Perangkat kelas mid-range ini merupakan suksesor dari seri populer A3s. Perangkat ini membawa keunggulan utama pada kamera ganda 13MP+2MP di belakang, dan layar waterdrop, sensor pemindai sidik jari cepat, serta baterai berkapasitas besar 4230 mAh.

Oppo A5s tersedia dalam dua pilihan warna bernuansa klasik, yakni merah dan hitam. Sedangkan, untuk layarnya hadir dengan sudut pandang lebih luas, sehingga perangkat ini memiliki screen-to-body ratio sebesar 89,35 persen. Hal ini berkat keberadaan layar waterdrop.

Untuk memberikan perlindungan dari goresan yang lebih baik bagi perangkat, Oppo A5s yang mempunyai layar sebesar 6,2 inci itu juga diperkuat dengan kaca Corning Gorilla Glass.

Sedangkan, dari segi kamera, smartphone ini memiliki kamera belakang ganda, yakni kamera pertama dengan resolusi 13MP, diafragma F/2.2, dan kamera keduanya beresolusi 2MP dan diafragma F/2.4 yang fungsinya sebagai depth sensor.

Untuk kebutuhan swafoto pengguna, perangkat ini juga dilengkapi kamera depan 8MP dan diafragma F/2.0.

selain itu, Oppo juga menyematkan fitur AI Beautification 2.0 pada kamera depan guna mendapatkan menghasilkan foto yang sesuai dengan karakter penggunanya.

Sementara, dibagian baterai, A5s ditenagai baterai berkapasitas besar, yakni 4230mAh.

Baterai tersebut dikombinasikan dengan algoritma kecerdasan pintar, sehingga mampu melakukan penghematan konsumsi daya, dan bisa digunakan secara normal dalam waktu 17 jam. Atau 13,5 jam jika digunakan untuk berselancar internet serta nonton video offline.

Kemudian, di bagian belakang perangkat ini, Oppo juga menyematkan sensor pemindai sidik jari cepat yang bisa menghidupkan perangkat hanya dengan satu sentuhan saja. Respons sensor sidik jari ini cuma butuh waktu 0,3 detik.

Untuk dapur pacunya, A5s hadir dengan prosesor delapan inti Helio P35 yang tak hanya kencang, tapi juga irit daya lantaran sudah dibuat menggunakan fabrikasi 12 nanometer. Dilengkapi pula RAM 2GB yang dipadukan dengan sistem operasi ColorOS 5.2 berbasis Android 8.1 Oreo. Sementara, untuk ruang penyimpanannya sebesar 32 GB dan bisa diperluas hingga 256 GB dengan menggunakan microSD.

Reamle 3
Realme 3 telah resmi meluncur di Indonesia. Perangkat yang satu ini ditenagai prosesor AI master MediaTeK Helio P60 serta dilengkapi baterai 4.230 mAh, sehingga daya tahan baterai kuat di segmennya.

Perangkat ini juga dilengkapi kamera belakang ganda 13MP+2MP lengkap dengan mode Nightscape serta Chroma Boost, ini untuk pertama kali di kelasnya.

Dengan dilengkapi AI scenes recognition membuat kamera Realme 3 mampu mengenali 16 independent scenes, dan 100 kombinasi scenes yang secara otomatis memilih pengaturan pencahayaan terbaik. Sehingga bisa mendapatkan dynamic range serta contrast ratio yang lebih baik.

Ada juga fasilitas Chroma Boost Mode yang dapat memenuhi kebutuhan kaum muda yang menginginkan efek gambar, warna serta efek yang lebih baik ketika memotret.

Selain itu, perangkat Realme 3 juga dilengkapi mode Chroma Boost.

Untuk kamera depannya telah ditingkatkan dengan resolusi 13MP dengan kombinasi lensa 5P ber-aperture f / 2.0, ukuran sensor 1/3 inci, serta ukuran piksel tunggal 1,12um. Dilengkapi pula mode AI Beauty 2.0.

Teknologi tersebut memungkinkan penggunanya untuk menyesuaikan efek beauty yang sesuai dengan preferensi mereka, baik detail warna kulit, rambut, dan mata yang ditingkatkan secara akurat melalui 296 titik identifikasi wajah.

Smartphone ini tersedia dalam tiga varian, yakni RAM 3GB + ROM 32GB, RAM 3GB + ROM 64GB, dan RAM 4GB + ROM 64GB dengan layar dewdrop 6.22 inci, serta tiga slot SIM+SD card yang bisa diupgrade hingga 256GB.

Untuk meningkatkan kenyamanan saat digenggam, Realme 3 mengadopsi desain 3D Gradient Unibody Design.

Dalam hal pengalaman sentuhan dan visual, desain tersebut mampu membawa standar tertinggi di antara seri Realme lainnya. Sealin itu, didukung juga oleh ColorOS 6.0 terbaru.

Untuk harganya, di Indonesia Realme 3 versi RAM 3GB + ROM 32GB dijual seharga Rp1.999.000, versi 3GB + 64GB dibanderol Rp 2.099.000. Sedangkan, untuk versi tertinggi RAM 4GB + ROM 64GB dijual Rp 2.399.000. (*)

Konten Terkait

10x Zoom Berkualitas Tinggi, Oppo Reno Terobos Pasar Hi-Tech Smartphone

Val Vasco Venedict

Sempat Tertunda, Samsung Galaxy Fold Diluncurkan September 2019

valdesz

Luncurkan Seri 3 Pro & C2, Realme U1 Banting Harga!

Val Vasco Venedict